Home » Kuliner » Aneka makanan khas Belitung

Aneka makanan khas Belitung

Makanan khas BelitungKalau berkunjung ke Bangka Belitung belum lengkap rasanya kalau tidak mencicipi beragam penganan atau Pulau Timah ini. Tidak hanya kebuyaan atau objek wisatanya saja yang membuat wisatawan merasa puas tapi anda  juga bisa berwisata kuliner disini. Seperti mie Bangka, Waroeng, martabak Bangka, Otak-otak Belinyu, Lempah Kuning, Rusip, Getas, dan masih banyak lagi. Misalnya lempah kuning, makanan khas Belitung ini terbuat dari ikan laut atau bisa juga diganti daging maupun udang. Masakan ini memerlukan aneka bumbu dan rempah-rempah seperti kunyit, bawang merah, bawang putih, lengkuas, dll.

Selain itu ada otak-otak, makanan yang satu ini berbahan dasar ikan ternggiri dan dibungkus dengan daun pisang. Rasa gurih dan enak akan langsung menggoyang lidah Anda. otak-otak ini banyak ditemui didaerah kota Belinyu. Jika Anda ingin mencicipi makanan khas Belitung yang sedikit berbeda, Anda bisa mencicipi rusip. Cara membuatnya, ikan bilis yang sudah dicuci bersih dicampur dengan garam dengan takaran yang seimbang. Untuk menghilangkan bau amisnya ditambahkan gula kabung. Aduk adonan ini hingga tercampur rata, tutup dan diamkan selama beberapa menit. Rusip bisa bisa langsung dimakan dengan lalapan atau dimasak terlebih dahulu.

Sebagai teman lauk untuk makan nasi, ada juga calok. makanan khas Belitung ini terbuat dari udang segar jenis cencalok atau rebon. Cara membuatnya cukup mudah, udang dicuci terlebih dahulu dan dicampur dengan garam. Garam ini berfungsi sebagai pengawet supaya lebih tahan lama. Calok disantap dengan nasi yang masih hangat dan ditamban dengan irisan timun, tomat dan jenis sayuran lainnya. Masih banyak kuliner lain yang bisa dijumpai di pulau Bangka ini seperti lakso, belacan, kerupuk Bangka, sambel lingkung dan kue van de cock (makanan sejenis dodol). Belum sampai disitu penganan lainnya ada pantiaw, hampir sama dengan kwetiaw. Bedanya, pantiaw dihidangkan dengan gilingan ikan tenggiri lalu disiram dengan kuah kaldu ikan dtamabah taburan bawang goreng dan seledri. Pantiaw mudah kita jumpai, karena banyak rumah makan atau warung-warung di kota Pangkal Pinang yang mejual makanan ini. Nah, tinggal tergantung selera Anda mau mencincipi yang mana duluan makanan khas Belitung

Sumber gambar : chandra-belitung.blogspot.com